Pantai Mutun Lampung

mutunLampung mempunyai banyak tujuan wisata dimana salah satu tempat yang potensial untuk menjaring banyak wisatawan adalah wisata pantainya. Sebut saja misalnya pantai pasir putih dan pantai kalianda yang menjadi lokasi favorit wisatawan domestik dan selalu ramai dikunjungi warga lampung dan sekitarnya saat akhir pekan atau saat musim liburan tiba.

Selain kedua pantai tersebut, masih banyak sebetulnya pantai – pantai yang relatif masih perawan yang tidak kalah indah dari pantai kalianda dan pantai pasir putih itu. Salah satunya adalah pantai mutun yang terletak tidak jauh dari pusat Kota Bandar Lampung. Hanya dibutuhkan waktu sekitar 20 – 30 menit untuk mencapai pantai ini dengan mengendarai mobil ataupun sepeda motor. Apalagi, jalan raya menuju kawasan ini terbilang mulus. Pemandangan sepanjang jalan menuju pantai mutun ini juga sayang untuk dilewatkan. Keindahan hijaunya pepohonan, sawah dan pegunungan dapat kita nikmati sepanjang perjalanan.

Sayang sekali, saat memasuki memasuki jalan setapak setelah kita mendapati plang sederhana bertuliskan “Pantai Mutun“, kita akan melewati jalan berbatu dan berdebu selama 5 – 10 menit. Hm, lagi – lagi kondisi infrastruktur kawasan wisata yang tidak mendukung. Anyway, untuk masuk ke Pantai Mutun dikenakan biaya sebesar Rp. 2500,- per orang dan Rp. 5000,- untuk mobil, yah cukup murah lah sebagai uang tiket tempat wisata.

Setelah memarkir kendaraan ditempat yang telah disediakan, kita bisa menikmati suasana pantai dengan duduk di tempat berupa gubuk yang bisa disewa untuk istirahat. Hm, musti pintar nego untuk bisa menggunakan tempat tersebut. Suasana pantai disaat akhir pekan sangatlah padat, banyak orang yang menikmati pantai tersebut dengan berenang, untuk yang tidak bisa berenang bisa menyewa ban / pelampung atau melakukan olahraga air seperti bermain kano. Dengan biaya sewa sekitar Rp10 ribu – Rp20 ribu saja per kano, kita bisa menikmati olahraga ini selama satu jam. Banyak juga diantara pengunjung yang bersnokeling di laut sekitar pantai.

Menurut penulis, jika kita ingin menikmati pantai dan laut yang jauh lebih bersih dari pantai Mutun, kita bisa menyebrang ke pulau kecil diseberang pantai yang bernama pulau tangkil. Untuk menyeberang ke pulau tersebut banyak tersedia perahu yang siap mengantarkan kita, hanya dengan uang Rp. 5000,- kita akan diantarkan pulang pergi kepulau tersebut. Sesampainya di pulau tangkil, kita dapat meminta pemilik perahu untuk menjemput kita kembali di waktu yang kita tentukan.

Suasana di pulau tangkil ini jauh lebih indah dari pantai Mutun, pantainya lebih bersih dan suasananya tidak seramai suasana di pantai Mutun sehingga kita bisa lebih nyaman untuk berenang atau sekedar berjalan mengelilingi pantai di pulau itu. Namun hati – hati jika ingin berenang disini, karena di tempat – tempat tertentu banyak terdapat bulu babi. Kalo tidak berhati – hati, bisa terinjak. Di pulau itu juga terdapat gubuk yang bisa disewa untuk beristirahat dan ditengah pulau terdapat lokasi untuk melakukan games outbound.

Apabila kita ingin berkunjung ke Pantai Mutun pada hari libur, sebaiknya sudah berangkat sejak pagi atau tidak terlalu siang. Jika tidak pondokan yang ada sudah penuh oleh pengunjung.

Well, satu lagi lokasi wisata lampung yang sangat berpotensi untuk mendatangkan para wisatawan. Apalagi tentunya jika ditunjang oleh sarana, infrastruktur, dan media pemasaran yang baik dan efektif. Bagaimana pak gubernur ?

(mas mahmud)

3 Responses to Pantai Mutun Lampung

  1. fy says:

    bisa mita detailnya g’ dr bndr lampung jln apa aja yg hrus dilewati

  2. Edi Kartono says:

    Saya dari kecil di ktb smpe gede blm prn ke mutun malah🙂

  3. Wah dari lampung juga ya mas? hehe… salam hangat. Pantai mutun memang menarik….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: