PERANCANGAN SISTEM PENGENDALIAN MOTOR SERVO PADA ROBOT BERKAKI

4kaki4legs2Seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat, dimana peran manusia telah banyak digantikan dengan mesin ataupun robot dalam mengerjakan suatu pekerjaan. Robot-robot yang dibuat memiliki berbagai bentuk seperti robot beroda dan berkaki yang dikendalikan dengan suatu sistem kontrol. Pada robot berkaki umumnya menggunakan motor servo sebagai penggeraknya. Sistem pengendalian motor servo yang jumlahnya banyak biasanya menggunakan servo controller. Modul (rangkaian servo controller) ini yang akan mengatur pengiriman alamat dan pemberian data/lebar pulsa pada masing-masing motor servo. Permasalahan yang muncul saat ini adalah sulitnya mendapatkan modul servo controller yang harus memesan dari luar negeri dan tentunya harus dibayar dengan biaya yang tinggi dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mempelajari cara pemasangan dan pemrogramannya.

Mengatasi masalah tersebut kita dapat membuat sendiri modul servo controller dengan menggunakan mikrokontroler PIC 16F84. Mikrokontroler buatan Microchip ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap untuk mengendalikan banyak motor servo disamping pemrogramannya yang mudah yaitu dengan menggunakan bahasa pemrograman basic. Dalam pembuatan modul servo controller ini dibutuhkan dua buah mikrokontroler PIC 16F84 yang terdiri dari mikrokontroler utama yang dapat mengontrol duabelas motor servo sekaligus dan mikrokontroler bantu yang digunakan untuk mengirimkan alamat dan data/lebar pulsa secara serial (RS232) ke mikrokontroler utama, juga sebagai masukan perintah pengendalian gerakan robot dari mikrokontroler lain yang dilakukan secara pararel (8 bit).

Untuk artikel lengkap silahkan unduh saja disini http://journal.uii.ac.id/index.php/Snati/article/viewFile/1770/1550

19 Responses to PERANCANGAN SISTEM PENGENDALIAN MOTOR SERVO PADA ROBOT BERKAKI

  1. hendro says:

    saya saat ni sedang ada proyek kecil yaitu membuat robot berkaki dengan 4 servo. tapi masalahnya ni robot ga mau jalan, ga tau kenapa. tapi belakangan di ketahui karena catu yang tidak memadai. cz saat di coba di lab, ni robot butuh suplay 5V/+_1,04A. sedang kalo nyari batrei* yang mampu untuk itu belum ketemu. yang ada saat ni batrei 6V/1.3 A tapi saat dicoba juga lom bisa bahkan hanya ada arus yang ngalir 0.3an, gimana caranya agar ni robot mau jalan tanpa catu adaptor??? mungkin harus ada rangkaian tambahan?? gimana rangkaiannya??

    thank’s…

    *batrei dengan ukuran tidak terlalu besar dan ga begitu berat.

  2. diwo says:

    Asslmkm ….
    salam kenal dari diwo..
    gmn kbr na Maz Hendro?
    mgkn sy coba sdikit kasih comment.
    Coba yakinkan kembali apakah program kontrol untuk motor servo anda sudah benar?
    Mengenai catu daya, mgkn anda bisa gunakan battery Energizer. krn battry tersebut memiliki arus 2500mAh. Coba gunakan 6 buah, shg total tegangannya kira2 7.2Vdc. Power untuk Minimum system biasanya juga berpengaruh terhadap kinerja mikrokontroller. Saya biasa gunakan diatas 7V untuk konsumsi minsys dan perangkat pendukung lainnya.

    Selamat mencoba ya….

    goodluck….

  3. andy says:

    Assalamualaikum,
    mas,saya mau bikin robot yang berkaki,ya bayangan saya si robot anjing gitu….
    saya pake 12 servo GWS S03T STD untuk motornya. masalahnya sampe sekarang karakteristik dari GWS sendiri saya belum tahu, sudah saya coba pake program setandart bolak-baik ga bisa,tapi pas saya coba di servo futaba bisa, kira kira apa masalahnya ya mas? saya pake mikro ATmega8535 dengan bahasa C,
    apa musti ada rangkaian sebelum ke mikro?
    trimakasih….
    wassalamualaikum

  4. Rq says:

    mas diwo… saya boleh minta artikel lengkap tentang “perancangan sistem pengendalian motor servo pada robot berkaki”untuk referensi cz saya skrg lg buat tgs akhir tentang sistem kendali pada robot berkaki empat dengan memakai 3 servo pada 1 kaki

    thank’s

  5. Rq says:

    oia mas… maaf.. bisa tolong kirim lewat email ga? ini email saya: a_ariesandy@yahoo.com

  6. rudy says:

    mau tnya ngedapetin PIC 16F84 d jogya daerah mana ?
    harganya berapa?
    krim k croed_ok@yahoo.co.id

  7. jamal says:

    mas sudar minta file lengkapnya dong… kl ada sama gambar rangkaiannya yah… tq sebelumnya

  8. Ridwan says:

    saya tertarik dengan atikelnya,,
    kalo boleh tolong kirimkan ke e-mail saya..
    terimakasih sebelumnya..

  9. dani says:

    mas saya boleh minta artikel lengkap tentang “perancangan sistem pengendalian motor servo pada robot berkaki”untuk referensi karena saya skrg lg buat sistem kendali pada robot berkaki empat dengan memakai 2 servo pada 1 kaki. servo yang saya gunakan GWS S03T ST. mikro atmega 8535… bahsa pemrograman c..
    thx b4

  10. chan says:

    kriminnn rngakaian rbot dunkkkkkkkkkkkk………….plis. pa ja

  11. herwan says:

    saya boleh minta artikelnya??
    tolong dikirim ke email saya ya!!!
    please,,,

  12. herwan says:

    bisa minta artikelnya?
    tolong kirim ke wmail saya…

  13. aresta says:

    mas bisa tolong dikit g….?????
    saya pingin belajar tentang robot. kalau bisa, saya minta gambar rancangan nya dong, sekaligus dengan cara kerjanya gimana…. ini email saya: rezt_vsr@yahoo.com . tolong ya saya pinin mempelajari nya…………

  14. Adi says:

    saya baru belajar bikin robot berkaki, tp saya kesulitan dalam programnya, anda punya contoh programnya ngk??

  15. Aank says:

    Tolong donk kirimkan dokumen tentang robot berkaki (design sensor dan robot)
    thanks..

    aank123@yahoo.com

  16. asman says:

    assalamu alaikum,
    mohon dikirimkan mas artikelnya beserta rangkaian dan programnya kalau bisa.
    terima kasih sebelumnya

  17. rinto says:

    bisa minta artikelnya ,saya maunjadikan refrensi , lu bisa makasi banyak sebelumnya

Leave a Reply

