Misteri Sumur 7

Jika dilihat, sepintas tak ada yang istimewa dari sumur-sumur ini, berada di permukiman padat jauh dari kesan angker seperti galibnya tempat-tempat kramat. Seperti sumur lainnya, sumur ini juga digunakan warga untuk mandi dan mencuci, namun banyak orang percaya ini bukan sumur biasa, konon airnya bisa menyembuhkan penyakit, mengentengkan jodoh, menambah perbawa, penglaris, kekebalan tubuh, dan lain-lain.

Sumur ini terletak di Kampung Sumur Tujuh Kupang Teba Teluk Betung Utara Bandar Lampung, Saya dan beberapa kru LTV datang untuk melihat kebenarannya. Perjalanan yang cukup melelahkan karena lokasinya berada di tengah padatnya pemukiman penduduk dan akses jalan yang melewati gang-gang sempit akhirnya sampai juga kami di lokasi sumur 7. Disana kami disambut dengan penuh ramah oleh Mas Hermain kuncen tempat ini, beliaulah yang merawat tempat ini, namun untuk mengetahui seluk-beluk dan hal-hal gaib tempat ini pengunjung dapat bertanya kepada Mas Alfin cucu dari Ibu Muti’ah pemilik lahan sumur ini, pemuda ini konon dapat berhubungan dengan mahluk gaib pengunggu sumur ini.

Lahan seluas 74 Meter persegi ini berada tujuh sumur-sumur kecil yang tidak pernah kering walaupun pada musim kemarau, sumur dengan kedalaman 1,5 meter ini konon memiliki manfaat yang luar biasa, banyak pendatang dari luar lampung yang ingin mengambil khasiat dari sumur ini, dari artis yang mulai meniti karir sampai tentara yang mau maju ke medan konflik dan masih banyak lagi alasan lain sang pengunjung.

Penduduk disekitar sumur mengaku tidak ada yang tahu persis kapan sumur ini dibuat, tetapi Ibu Muti’ah pemilik lahan ini yang lahir pada tahun 1933 mengaku sumur itu sudah ada sejak ia masih kanak-kanak. Dan lebih dahsyat lagi lahan sumur ini pernah ditawar 1 milyar oleh sebuah pondok pesantren, namun pemilik lahan ini menolaknya ia lebih ikhlas mewakafkannya untuk masyarakat banyak. Sumur ini dibuat oleh Wali/Yai Samin yang menurut ahli warisnya peladang ini reinkarnasi dari Syeh Asnawi bergelar Kyai Agung Caringin beliau ulama terkenal dari Pandeglang Banten. Konon beliau mengeruk tanah cadas ini dengan tangan kosong, sumur-sumur ini memiliki nama atau julukan tersendiri serta memiliki khasiat yang berbeda meski ada satu sumur yang merangkum khasiat dari tujuh sumur itu.

Sayangnya sumur ini belum di-explore dengan baik tampaknya pemerintah kota bandarlampung belum serius memanfaatkan sumur yang bisa dijadikan objek wisata ziarah.

 Penasaran lihat videonya di : www.imeem.com/people/LUUPTwC Klik Video.

About these ads

4 Responses to Misteri Sumur 7

  1. Pemerintah n masyarakat harusnya bisa menyelaraskan antara kepentingan saat ini dengan bukti2 sejarah n alam, tidak usah takut dianggap kuno dengan menjaga bukti2 sejarah, bangsa jepang saja yg sudah maju bisa menyelaraskan ketiga hal tsb shg saat ini menjd terkenal dengan teknologinya yg modern ttp memiliki budaya masa lalu yg indah.Kita sbg bangsa yg memiliki budaya tinggi ms tidak mau melestarikan alih2 akan bangga.Apa sih yg mo dibanggakan bangsa kt teknologi tinggi tidak, pintar skali tidak, d takuti or disegani lwn pun tidak singapur n malaysia yg neg secuil sj brani dg indonesia.Jd agar kbanggaan kita ttp ada khususnya masy lampung, mari kita jaga kelestarian lingkungan kita dan nilai2 sejarah budaya nenek moyang kita, karena apa lagi yg akan kita banggakan ! tx

  2. indonesia attract…

    […]Misteri Sumur 7 « Media Berbagi Informasi[…]…

  3. LG E50 says:

    LG E50…

    […]Misteri Sumur 7 « Media Berbagi Informasi[…]…

  4. Mobitech|prodaja|servis|mobilephone…

    […]Misteri Sumur 7 « Media Berbagi Informasi[…]…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: